Apa sih perbedaan Zakat ,Infak dan Shadaqah


Bunda gimana puasanya masih lancarkan ? kali ini kita akan bahas zakat ,infak dan shadaqah
buah hati kita pasti belum tahu perbedaan ketiganya dan ketentuan mengeluarkan tiga hal tersebut ,bunda harus mampu memahamkan ini kepada si kecil , Dalam buku pengasuhan keuangan di jelaskan bahwa anak harus mengenal manajemen keuangan dan pengeluarannya
termasuk infak dan shadaqah ,Bunda walaupun terlihat sepele mengenalkan uang pada anak adalah awal terbentuknya pola pikir anak terhadap uang.
Di Era ini uang dikenal sebagai tolak ukur bahagia ,itu kenapa banyak orang belajar hingga S3yang semata-mata mereka kejar adalah uang .Baiklah tanpa berbasa-basi mari kita membahas tiga hal tersebut dan mulai kita buat analogi Bahasa yang baik dan benar jika anak kita bertanya ,Bunda,Ummi,Mama ,Emak apakah itu Zakat ,infak dan Shadaqah ?
1.     Pahami arti uang yang sesungguhnya pada si kecil
Uang adalah alat transaksi ,dia bukan tolak ukur kebahagian , uang tidak pernah habis/hilang dia hanya berpindah tempat ,uang tidak setia ia akan selalu berpindah ketempat sesuai pemiliknya inginkan ,jadi jangan menaruh perasaan kepada uang .begitulah hal sederhana yang dapat kita jabarkan dengan Bahasa lebih sederhana dengan si kecil , contoh dalam percakapan
Anak   : Bunda , aku mau beli sesuatu boleh minta uang ?
Ibu       : Baik, adek mau beli apa sayang ?
Anak   : Mau beli susu kotak
Ibu       : Baik ,untuk mendapat uang adek harus bantu ibu membersihkan sesuatu
             sama seperti ayah yang bekerja untuk kita agar mendapat uang adek juga            
             harus   melakukan sesuatu untuk mendapat uang
Anak   : Baik ,Bunda

Menanamkan pola asuh yang benar dalam pengenalan uang yaitu ketika anak ingin mendapatkan uang ia harus usaha atas apa yang ingin .

2.     Zakat
Zakat itu sayang  adalah mengeluarkan rezeki kita bagi orang yang tidak mampu , bertujuan membantu orang lain agar mereka merasakan kelayakan hidup .Zakat juga bertujuan mensucikan harta kita , Nah beginilah Agama islam mengajarkan kita untuk sayang dengan sesama umat beragama islam.bukan menjadi pribadi yang egois jika punya rezeki dinikmati sendiri ,di puasa kali ini kita akan belajar menimbang beras untuk saudara kita sebesar 2,7 kg bantuin bunda untuk timbang dan antar ke masjid ya  nah nanti zakat ini diberikan ke orang tertentu  ada 8 sayang .

Begitulah analogi sederhana untuk menjelaskan zakat pada anak kita jika bunda punya Bahasa lebih baik boleh komen di kolom komentar ya .

3.     Infak
“Adek sama Kakak sudah bantu bunda masak kue ,bunda kasih upah ya sebagai ucapan terima kasih atas kerja keras kalian tapi ingat ya sayang ,kalian kalau dapat uang harus tabung dan infak loh , Infak itu  mengeluarkan uang atau rezeki baik sedikit maupun banyak baik miskin maupun kaya yang tua maupun muda , bunda kan kasih uang 20.000 ribu rupiah silahkan gunakan ½ untuk berinfak , 10.000 untuk ditabung dan sisanya infak.’’
Berikut adalah cara tehnis dan penjelasan bagaimana pola pengasuhan keuangan dalam infak ya bunda sekalian ,kalau bunda punya pengalaman lebih seru boleh tulis dikolom komentar .

4.     Shadaqah
Adek   :Adek sedih bund lihat pengemis tadi minta –minta sudah tua dan kurus ,mau             kasih uang adek gak bawa uang tadi ,kan sekolah gak bolehin bawa uang  .
Bunda  : Senyum aja dek
Adek   : Maksud bunda ? adek senyum sama bapak pengemisnya
Bunda  : Iya sayang , karena shadaqah itu termasuk senyum.
Adek   : Mereka kan butuh uang bund ,bukan senyum adek
Bunda  : Dalam agama islam “Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah             sedekah’’, Adek sudah dapat pahala walau tidak memberi uang
Adek   : Keren ya bund ,agama islam kalau gak punya duit senyum aja sama pengemis        dapat pahala hehe,gak mesti kasih uang
Bunda  : Eits tapikan gak melulu senyum dek ,adek juga coba berinfaklah jangan senyum           melulu
Adek   : Contoh lai shadaqah apa bund ?
Bunda  : Adek kalau bikin temannya senang karena ucapan ,perbuatan adek dapat pahala itu termasuk sedekah sayang .

Baiklah bund itu cara kita memahamkan apa itu zakat,infak dan shadaqah pada si kecil ya bund.

Bunda jangan lupa main ke instagram saya dan blog nya bloggerperempuan untuk dapat update artikel lainnya .

0 komentar:

Posting Komentar