[RESENSI BUKU] Mendidik Anak Perempuan


” Kenapa anak saya di marahi bu “, kalimat ini pernah terlontar dari seorang ibu kepada saya Selaku guru kelas ,saya pengajar di salah satu sekolah swasta di Medan . kalimat itu terdengar Aneh bagi saya sebab orang tua dengan alasan apapun tidak ingin anak nya di marahi oleh Orang lain notabene guru nya sendiri  karena alasan anak nya tidak shalat . salah kah ? menurut Saya pribadi itu salah ,jika anak tidak di marahi maka anak tidak tahu kesalahan nya ,konteks Memarahi juga harus mengukur kadar usia ,Bahasa yang di gunakan dan urgensi marah Terhadap nya .
Itulah mengapa orang tua harus #MELEK parenting  sebab mendidik seorang anak jika salah tak Akan bisa di ulang ,jika karir atau bisnis orang tua nya gagal bisa kita mulai dari awal kembali.
Maka dari itu saya mencoba #BERBAGI dengan ayah an bunda maka tanpa memperpanjang Kalam kita mulai merensensi buku karangan Ishlahunnisa’ .
Judul buku nya           :Mendidik anak perempuan dari buaian hingga ke pelaminan
Penulis buku               :Ishalahunnisa
Penerbit                      :Aqwam
Halaman                     : 150 Lembar
Buku ini terdiri dari tiga bab masing –masing  di bagi ,di bab pertama akan dibahas tentang keistimewaan anak perempuan ,bukan membandingkan gender hanya mengkilas balik bahwa dahulu kala betapa anak perempuan di anggap sebagai kutukan ,karakter wanita yang lemah menjadikan nya sumber ketidak berdayaan yang di eksploitasi hanya masalah keindahan fisik dan pemenuhan syahwat .
dalam bab ini akan di jelaskan bahwa anak perempuan adalah keistimewaan dengan nya, orang tua dapat menempuh jalur surga jika sesuai pola asuh yang benar.melatar belakangi permasalahan anak perempuan dewasa ini ,begitu banyak remaja perempuan yang hamil di luar nikah  ,di lansir dari situs online, angka kehamilan pada remaja mencapai  52,4 %  yang  diluar pernikahan  tahun  2017 .  bab kedua pada buku ini merinci pola asuh anak sesuai dengan usia nya 0-21 tahun dimulai dari usia balita ,batita ,balita hingga remaja, mentahnik bayi  hingga pendampingan usia pra nikah   , dalam buku ini  bahasa nya ringan dan mudah di pahami dan sangat detail  ada data pendukung yang valid seperti al-qur’an dan hadist sebagai petunjuk pola asuh .sebagai bentuk kelengkapan buku ini di bab terakhir akan di suguhkan materi-materi dasar yang harus di miliki seorang muslimah yang baik
Kelebihan buku
Buku ini memiliki Bahasa yang sederhana, rinci dan detail .



Kekurangan buku
Buku ini adalah salah satu rujukan buku parenting (pola pengasuhan anak) di dalam buku ini sebaiknya memasukkan data-data valid tentang bobrok nya  sistem pola asuh yang salah ,masalah –masalah umum pada anak perempuan dan sebab akibat pola asuh yang tidak sesuai syariat islam agar buku ini terkesan lebih mudah di baca semua kalangan , buku ini terkesan seperti kitab bukan guide of parenting .
Buku ini akan membantu semua pendidik dan orang tua untuk bersikap baik dan benar sesuai fitah anak perempuan , sebab dari perempuan lahir lah peradaban baru maka untuk mendidik nya menjadi hal yang harus di pertegas dan perjelas setiap langkah nya agar tumbuh menjadi perempuan kuat dan lembut seperti para shabiyah.




0 komentar:

Posting Komentar