Menyambut lebaran


Alhamdulilah bunda kita sudah masuk di penghujung Ramadhan .Bulan penuh ampunan itu pergi meninggalkan kita meninggalkan apa yang ia berikan selama ini kepada kita ,pahala , berkah dan hidayah..

Menyambut lebaran tahun ini kami sekeluarga mempersiapkan hati untuk berjuang di sebelas bulan kedepan dan untuk meningkatkan ibadah dengan Allah
Sebelas bulan kedepan akan menjadi momen sesungguhnya ukuran kesuksesan puasa kita , semoga menyambut lebaran dengan hati yang bersih dan jiwa yang baik ,semangat berjuang untuk meningkatkan ibadah .



baca artikel lainnya disini 

Doa dan harapan


 Doa adalah salah satu bentuk ikhtiar seorang umat , dan senjata bagi umat islam adalah doa ,doa bagi kita adalah harapan .
Harapan adalah sebuah keinginan dalam benak maupun ucap yang berharap di segerakan oleh Allah .
Doa dan harapan dapat di rapal bersamaan , doa saya di tahun ini agar segera menikah dengan pria pilihan Allah ,seseorang terbaik untuk saya yang Allah berikan , Menunaikan umroh sebelum usia saya memasuki kepala tiga ,membeli sebuah hunian yang nyaman tempat saya dan keluarga berteduh dan menjadikan nya seperti taman syurga .
Harapan nya semoga Ramadhan tahun depan dengan beliau yang menghalalkan dan keluarga dapat kumpul bersama.


Apa doa dan harapan mu ? bunda …
baca artikel lainnya disini .

Momen terbaik Ramadhan ini


Alhamdulilah di Ramadhan tahun ini banyak yang saya syukuri ,Allah memberikan cinta yang luar biasa telah member kesempatan untuk menjalankan ibadah puasa sebaik mungkin .
Perjalanan Ramadhan belum usia ada hal yang sangat membekas di hati ini momen terbaik Ramadhan ini yang sangat saya syukuri anak didik saya dapat menyelesaikan perlombaan Art yaitu paper quiling ajang melatih kreatifitas dalam berseni dengan bahan kertas bekas.


Kertas bekas yang di olah menjadi sebuah karya seni yang baik tetapi juga dapat mengurangi sampah kertas di potong memanjang dengan ukuran yang berbeda dipintal dengan alat pemintal kemudian dibentuk sesuai keinginan si anak .
Momen  terbaik karena itu adalah pertama kali mengikuti lomba dan menang menjadi juara 1 bertanding dengan 25 anak yang memiliki kreatifitas yang luar biasa.




Sebuah moment terbaik menjadi seorang guru yang dapat membimbing anak-anak sampai menjadi pemenang dan mereka tetap dapat menahan rasa lapar dan haus saat puasa tanpa mengeluh .


baca artikel lainnya disini 

Kue kak Nah jajanan saat lebaran




Alhamdulilah ya bund kita udah masuk puasa hari ke 27 kali ini kita akan bahas jajan saat lebaran , bagi saya pribadi jajanan lebaran itu gak termasuk list dalam perayaan lebaran karena stok kue kering menumpuk ,tapi jika sanak saudara datang ada hal yang kami tunggu .



Jajanan lebaran khas daerah sanak saudara kali ini kita akan review jajanan lebaran kue kak Nah dari Aceh ,First impression ngelihat kue kak Nah tidak begitu menggiurkan ,tampilannya biasa aja .
Kue kak Nah yang dibawa sanak keluarga saya dari Aceh ada dua varian berbahan dasar ubi dan tepung ,kue nya berbentuk bundar ,baunya harum ,rasanya manis ,kue nya juicy dan kenyal .
Kue kak Nah cocok di santap dengan kopi ,dengan harga 22.000 satu kotak di sajikan hangat-hangat .
Kue Kak Nah dapat di beli Jalan Banda Aceh ,Pidie Jaya atau Gampong Subulussalam .


Baca artikel lainnya disini 

Mengisi waktu ramadhan


Assalamu’alaikum bunda , apa kegiatan bunda selama ramadhan ?
Kali ini saya akan bagikan kegiatan saya selama mengisi waktu ramadhan .
Alhamdulilah puasa kali ini saya produktif berkegiatan , puasa kali ini banyak hal yang unik yang terjadi.
mengisi waktu ramadhan kali ini sebagai guru millennial ,saya membawa murid saya ikut lomba paper quiling membuat kreasi dari kertas.Alhamdulilah mendapatkan juara 1 walaupun datang terlambat hasilnya memuaskan.


Minggu kedua saya menjadi instruktur pesantren kilat , instruktur pesantren kilat di salahsatu sekolah negeri dan kantor BUMN ,Alhamdulilah bisa berbagi pengetahuan dan ilmu bersama adik-adik .

Alhamdulilah ramadhan berbagi ku terlaksana dengan baik dan in sya Allah berkah

selanjutnya bisa cek artikel lain disini

Mangolomang tradisi keluarga


Hallo bunda , apa yang sudah dipersiapkan untuk lebaran , Bund kita akan bahas tradisi keluarga saat lebaran selain makan ketupat , tradisi sungkeman,bagi THR adakah tradisi lain yang bunda lakukan saat lebaran
Di Keluarga kami ada tradisi ziarah kubur setelah pulang shalat idul fitri dan satu tradisi yang sangat kental di keluarga besar kami yaitu “mangalomang ”, ya masak lemang adalah tradisi saat menyambut idul fitri , tradisi mangalomang sendiri merupakan tradisi suku batak di daerah tapanuli walaupun daerah lain ada juga di daerah tebing tinggi,Sumatera utara .

Mangalomang adalah tradisi membuat lemang ,lemang sendiri memiliki filosofi ya bund
ketan itu kalau di masak lengket ,lengketnya ketan melambangkan persaudaran yang erat.




Nah bunda punya tradisi lebaran apa dikeluarga nya share yuk di kolom komentar
dan baca artikel lainnya disini

Tips memilih baju lebaran


 Hallo bunda apa kabarnya ? gak terasa ya sebentar lagi lebaran ,bunda udah beli baju lebaran
Nah kali ini kita akan bahas baju lebaran , sebenarnya baju baru untuk lebaran itu penting ga sih menurut bunda ?.
Baju lebaran menurut saya gak begitu penting karena esensi lebaran itu sendiri silaturahmi,membeli pakaian lebaran toh untuk menghargai diri kita supaya terlihat rapi ,bersih dan cantik di hari yang fitri jika masih ada baju yang lama layak pakai kita bisa pakai baju itu kan bund….
Pemilihan pakaian lebaran menurut saya gampang –gampang susah ,ini tips buat pilih baju lebaran

1.Pilihlah bahan yang tepat
Untuk lebaran hari pertama mungkin bunda masih di perbolehkan memakai gamis dengan bahan –bahan terlihat mewah seperti : Roberto ,Velvet , Brocade ,Organza, Satin bridal .
gamis dengan bahan ini cocok di Hari Raya pertama bunda ,kemudian untuk hari selanjutnya pastikan bunda memiliki gamis berbahan ringan seperti baloteli,katun dan gamis kaus yang menyerap keringat.
jangan pilih bahan ceruti atau siffon ya  bunda karena bahan itu tidak menyerap keringat.

2.Pilihan warna
Pilihlah warna yang gelap untuk hari pertama Idul fitri warna gelap akan membuat tampilan bunda lebih mewah seperti :Hitam ,marun,biru dongker ,abu-abu gelap .Apalagi bunda yang punya anak kecil usahain deh karena tumpahan makanan akan sama di baju yang gelap .

3.Pilih baju yang busui dan wudhu friendly
Untuk bunda yang menyusui pilih baju yang busui dan untuk para bunda di anjurkan beli baju yang wudhui friendly ya ,biar ibadahnya gak terganggu .


klik disini untuk baca artikel lainnya 

Berbuka bersama teman


Momen berbuka puasa merupakan momen yang baik di manfaatkan untuk bersilaturahmi atau menambah teman ,kali ini bund saya menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu dengan teman dalam berbuka puasa bersama teman karena belum berkeluarga ,doakan segera berkeluarga ya bund :P
Berbuka puasa bersama teman merupakan aktifitas yang baik untuk menambah wawasan baru maupun icip-icip menu makanan baru.
berikut manfaat buka puasa bersama 
1.Ajang silaturahmi 
Silaturahmi menjadi ajang untuk menambah wawasan dan mempererat ukhuwah juga menambah rezeki 
2.Ajang bersyukur
Syukur kepada Allah masih dikasih umur untuk silaturahmi dengan orang terkasih 
3.Ajang  beramal 
Kita dapat mengeluarkan sedikit rezeki kita untuk traktir teman-teman makan dibulan puasa yang berkah ini 
selamat menjalankan ibadah puasa 
artikel yang lain dapat di baca disini 

Amalan puasa


Amalan puasa yang bunda lakukan selama bulan puasa apa bunda ?
Sebagai seorang guru dan blogger saya punya rutinitas yang saya lakukan dalam ibadah
Amalan yang in sya Allah akan membuat Allah menyayangi kita dan mengampuni dosa kita .
1.Shalat dhuha
Shalat dhuha adalah aktifitas yang dapat kita lakukan sebelum mengawali kegiatan , shalat dhuha dapat dilakukan 2 atau 4 rakaat
2.Murojaah hapalan (mengulang hapalan al-qur’an)
Mengulang hapalan dapat dilakukan saat kita menunggu waktu berbuka .
3.Tilawah
Tilawah ,tilawah adalah membaca al-qur’an lebih baik kita membaca qur’an dengan tartil
4.Mengahapal al-qur’an dengan metode master
Metode master adalah metode menghapal al-qur’an dengan cara gerakan ,gerakan dilakukan berdasarkan arti ayat al-qur’an yang di hapalkan
5.Shalat hajat
shalat hajat adalah shalat yang dilakukan ketika kita berharap sesuatu dari Allah ,yuk shalat hajat semoga apapun doa kita di ijabah Allah
Doakan saya ya bunda agar segera bertemu jodoh ,pilihan Allah

Baca artikel lain nya disini  

Aplikasi yang digunakan


Bunda ramadhan hampir hilang di pelupuk mata kita ,mari kita manfaatkan waktu selama ramadhan agar amal kita maksimal , ini adalah aplikasi yang saya gunakan untuk menunjang aktifitas saya selama Ramadhan adalah

1.Muslim pro
Muslim pro terdapat aplikasi dzikir yang dapat membantu kita zikir dimana saja dan kapan saja ,untuk mengurangi rasa ria jika kita menggunakan tasbih.
2.Al-qur’an terjemahan
Al-qur’an yang ada di ponsel kita dapat membantu kita mengulang hapalan al-qur’an kita dimanapun berada.al-qur’an terjemahan yang digunakan adalah rasm utsmani.
3. Tahsin hijaiyah
Tahsin hijaiyah adalah aplikasi yang digunakan untuk belajar mengucapakan huruf hijaiyah dengan baik dan benar sesuai makhroj dan sifat huruf nya
Semoga bermanfaat
silahkan buku link ini untuk membaca artikel lainnya

Makeup Natural untuk hari raya


Alhamdulilah sebentar lagi hari raya , kita akan menyambutnya dengan penampilan yang bersih rapid an eye catching ,Hari raya ( Idul fitri) pada dasarnya bukanlah ajang untuk tampilan terbaik tetapi suatu momentum terbaik untuk mensyukuri  kemenangan atas pencapaian ibadah kita .
Maka yang harus kita lakukan bukan mengumpulkan sebanyak-banyaknya pakaian dan makeup untuk terlihat di momen itu tetapi membungkus dengan ahlak yang lebih baik lagi

Exactly bund… saya tidak ada tutorial makeup yang kece buat bunda disini saya hanya akan share makeup –makeup sederhana untuk lebaran ,item ini harus bunda miliki ,mari kita bahas
1.Eye liner
Eye liner menjadikan tampilan mata bunda tajam dan bagus , eyeliner yang bisa bunda pake ,eyeliner dengan klaim halal seperti brand wardah ,mazaya ,zoya .
2.Bedak tabur
Bedak tabur adalah base makeup yang harus ada di pouch makeup bunda , bedak tabur fungsi untuk mengikat minyak pada kulit kita agar tidak kelihatan oily
3.Nude lipstick
Nude lipstick adalah lipstick aman untuk hijaber , warna yang tidak mencolok tidak akan menjadi perhatian bagi keluarga bunda , tampilan sederhana adalah pilihan terbaik untuk bunda.
4.Blush on
Blush on sebagai pemanis,pakai blush on yang warna coral atau soft pink agar tampilan lebih manis dan sederhana .
Baca artikel lainnya di bloggerperempuan

Tips berpuasa untuk si kecil

Hallo bunda tidak terasa sudah memasuki ramadhan hari ke -21,nah anak bunda gimana puasanya masih kuat kan ?
Bunda sebagai orang tua kita pasti menginginkan anak yang sholeh dan sholehah ,kita akan bahas bagaimana tips dan trick mengajak si kecil berpuasa .
Nah puasa itu kan wajib bund ini adalah fase awal kita mengenalkan perintah puasa yang Allah turunkan melalui dongeng bunda dapat mendongeng tentang penting puasa
serta manfaat juga hikmahnya kepada anak-anak bunda sekalian
Buatlah agenda kegiatan  pribadi si kecil ,mulai dari sekarang bunda harus membuat agenda kegiatan pribadi selama satu bulan untuk ibadahnya tentukan dahulu konsep kegiatan nya
contoh bunda waktu pagi murojaah surah (mengulang hapalan al-qur’an) menjelang siang tadarus menjelang magrib membuat pra karya dan lain sebagainya .
Dengan membuat program harian ramadhan si kecil mampu melewati puasa lebih aktif dan produktif.
Buatlah perjanjian puasa ,anak bunda harus mulai belajar memahami bahwa puasa adalah wajib jadi jika ia berniat meninggalkan puasa bunda boleh membuat hukuman kecil buatnya ,hukuman yang mendidik ya bunda…
Mari kita lanjutkan bunda , di jam genting seperti pukul 4 sore adalah jamnya mengeluh lapar dan haus bunda harus pintar –pintar mengajaknya beraktifitas agar ia melupakan lapar dan dahaga nya

Baiklah itu tips dan tricks dari saya mudah-mudahan bermanfaat baca artikel lain di bloggerperempuan 

Cerita Mudik


Halo bunda bunda Ramadhan hampir memasuki penghujung tahun ,kita sudah harus mempersiapkan mudik ,bunda mudik dengan transportasi apa ?
perjalanan mudik saya sekitar 12 jam berikut beberapa persiapan mudik yang saya lakukan untuk melaksanakan nya kita perlu persiapan yang panjang
1.                Sebelum mudik cabut segala instalasi listrik
Selama mudik kita tidak tahu apa yang akan terjadi dirumah kita bunda akan lebih baik kita akan mencabut instalasi dan saluran kompor gas
2.                Tidak meninggalkan barang berharga di rumah
Selama mudik lebih baik bunda jangan meninggalkan barang berharga di rumah , meninggalkan barang berharga akan memicu kemalingan di rumah anda, kehilangan barang bisa dipicu karena rumah kita memiliki banyak asset berharga
3.                Tidak meninggalkan barang dan pakaian yang di kotor
Meninggalkan barang –barang yang kotor akan mengakibatkan timbulnya serangga di rumah kita ,bersihkanlah rumah bunda sebelum berangkat mudik
4.                Mengunci ganda rumah anda
Mengunci ganda rumah anda akan membuat rumah anda jauh lebih nyaman , mengunci rumah dengan double kunci seperti menggemboknya .
5.                Tidak berpergian dengan bukan mahram
Tujuan mudik adalah silaturahmi bukan untuk menumpuk dosa tetapi sebagai jalan untuk meraih pahala jadi gunakan momen ini untuk safar bukan untuk menambah dosa .




Yuk kita baca artikel yang lain disini 


Ramadhan masa kecil



 Apa kabar bunda masih kuatkan puasanya ?
Kali ini kita akan kilas balik Ramadhan masa kecil  versi saya maka saya akan menuliskan cirri khas puasa anak tahun 90
Yuk kita kilas balik semoga Ramdhan kita setiap tahun menjadi berkah
1.Pesantren kilat
            Nah ini agenda yang rutin ada di generasi 90 , ibu saya dirumah akan paksa saya ikutan pesantren kilat untuk menambah ilmu agama karena di zaman 90youtube dan ceramah agama masih sedikit bund .
2. Pengisian Buku Ramadhan
            Anak 90 pasti masih ingat kalau di zaman SD dulu kita diwajibkan datang  kemesjid melaksanakan shalat tarawih dan meminta tanda tangan penceramah
3.Main petasaan
            Petasan menjadi barang wajib bagi generasi 90 untuk merayakan puasa dan lebaran ,jahil kita dulu sering memainkan ini untuk menggangu orang selepas pulang tarawih
4.Asmara subuh
            Istilah ini entah datang dari mana tapi yang pasti kegiatan ini menjadi istilah generasi 90 untuk aktifitas pagi hari .

5.Pamer baju lebaran dan THR

            Ini adalah kebiasaan anak kecil generasi 90 setau saya ya bund ,semakin banyak baju lebaran atau THR dari orang tua karena puasa penuh maka semakin bangga lah kita di zaman itu

yuk baaa artikel lainnya  klik link di bawah ini 


Ramadhan masa kecil

Apa kabar bunda masih kuatkan puasanya ?
Kali ini kita akan kilas balik Ramadhan masa kecil  versi saya maka saya akan menuliskan cirri khas puasa anak tahun 90
Yuk kita kilas balik semoga Ramdhan kita setiap tahun menjadi berkah
1.Pesantren kilat
            Nah ini agenda yang rutin ada di generasi 90 , ibu saya dirumah akan paksa saya ikutan pesantren kilat untuk menambah ilmu agama karena di zaman 90youtube dan ceramah agama masih sedikit bund .
2. Pengisian Buku Ramadhan
            Anak 90 pasti masih ingat kalau di zaman SD dulu kita diwajibkan datang  kemesjid melaksanakan shalat tarawih dan meminta tanda tangan penceramah
3.Main petasaan
            Petasan menjadi barang wajib bagi generasi 90 untuk merayakan puasa dan lebaran ,jahil kita dulu sering memainkan ini untuk menggangu orang selepas pulang tarawih
4.Asmara subuh
            Istilah ini entah datang dari mana tapi yang pasti kegiatan ini menjadi istilah generasi 90 untuk aktifitas pagi hari .

5.Pamer baju lebaran dan THR
            Ini adalah kebiasaan anak kecil generasi 90 setau saya ya bund ,semakin banyak baju lebaran atau THR dari orang tua karena puasa penuh maka semakin bangga


untuk membaca artikel yang lain kamu bisa kunjungi disini  

Apa sih perbedaan Zakat ,Infak dan Shadaqah


Bunda gimana puasanya masih lancarkan ? kali ini kita akan bahas zakat ,infak dan shadaqah
buah hati kita pasti belum tahu perbedaan ketiganya dan ketentuan mengeluarkan tiga hal tersebut ,bunda harus mampu memahamkan ini kepada si kecil , Dalam buku pengasuhan keuangan di jelaskan bahwa anak harus mengenal manajemen keuangan dan pengeluarannya
termasuk infak dan shadaqah ,Bunda walaupun terlihat sepele mengenalkan uang pada anak adalah awal terbentuknya pola pikir anak terhadap uang.
Di Era ini uang dikenal sebagai tolak ukur bahagia ,itu kenapa banyak orang belajar hingga S3yang semata-mata mereka kejar adalah uang .Baiklah tanpa berbasa-basi mari kita membahas tiga hal tersebut dan mulai kita buat analogi Bahasa yang baik dan benar jika anak kita bertanya ,Bunda,Ummi,Mama ,Emak apakah itu Zakat ,infak dan Shadaqah ?
1.     Pahami arti uang yang sesungguhnya pada si kecil
Uang adalah alat transaksi ,dia bukan tolak ukur kebahagian , uang tidak pernah habis/hilang dia hanya berpindah tempat ,uang tidak setia ia akan selalu berpindah ketempat sesuai pemiliknya inginkan ,jadi jangan menaruh perasaan kepada uang .begitulah hal sederhana yang dapat kita jabarkan dengan Bahasa lebih sederhana dengan si kecil , contoh dalam percakapan
Anak   : Bunda , aku mau beli sesuatu boleh minta uang ?
Ibu       : Baik, adek mau beli apa sayang ?
Anak   : Mau beli susu kotak
Ibu       : Baik ,untuk mendapat uang adek harus bantu ibu membersihkan sesuatu
             sama seperti ayah yang bekerja untuk kita agar mendapat uang adek juga            
             harus   melakukan sesuatu untuk mendapat uang
Anak   : Baik ,Bunda

Menanamkan pola asuh yang benar dalam pengenalan uang yaitu ketika anak ingin mendapatkan uang ia harus usaha atas apa yang ingin .

2.     Zakat
Zakat itu sayang  adalah mengeluarkan rezeki kita bagi orang yang tidak mampu , bertujuan membantu orang lain agar mereka merasakan kelayakan hidup .Zakat juga bertujuan mensucikan harta kita , Nah beginilah Agama islam mengajarkan kita untuk sayang dengan sesama umat beragama islam.bukan menjadi pribadi yang egois jika punya rezeki dinikmati sendiri ,di puasa kali ini kita akan belajar menimbang beras untuk saudara kita sebesar 2,7 kg bantuin bunda untuk timbang dan antar ke masjid ya  nah nanti zakat ini diberikan ke orang tertentu  ada 8 sayang .

Begitulah analogi sederhana untuk menjelaskan zakat pada anak kita jika bunda punya Bahasa lebih baik boleh komen di kolom komentar ya .

3.     Infak
“Adek sama Kakak sudah bantu bunda masak kue ,bunda kasih upah ya sebagai ucapan terima kasih atas kerja keras kalian tapi ingat ya sayang ,kalian kalau dapat uang harus tabung dan infak loh , Infak itu  mengeluarkan uang atau rezeki baik sedikit maupun banyak baik miskin maupun kaya yang tua maupun muda , bunda kan kasih uang 20.000 ribu rupiah silahkan gunakan ½ untuk berinfak , 10.000 untuk ditabung dan sisanya infak.’’
Berikut adalah cara tehnis dan penjelasan bagaimana pola pengasuhan keuangan dalam infak ya bunda sekalian ,kalau bunda punya pengalaman lebih seru boleh tulis dikolom komentar .

4.     Shadaqah
Adek   :Adek sedih bund lihat pengemis tadi minta –minta sudah tua dan kurus ,mau             kasih uang adek gak bawa uang tadi ,kan sekolah gak bolehin bawa uang  .
Bunda  : Senyum aja dek
Adek   : Maksud bunda ? adek senyum sama bapak pengemisnya
Bunda  : Iya sayang , karena shadaqah itu termasuk senyum.
Adek   : Mereka kan butuh uang bund ,bukan senyum adek
Bunda  : Dalam agama islam “Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah             sedekah’’, Adek sudah dapat pahala walau tidak memberi uang
Adek   : Keren ya bund ,agama islam kalau gak punya duit senyum aja sama pengemis        dapat pahala hehe,gak mesti kasih uang
Bunda  : Eits tapikan gak melulu senyum dek ,adek juga coba berinfaklah jangan senyum           melulu
Adek   : Contoh lai shadaqah apa bund ?
Bunda  : Adek kalau bikin temannya senang karena ucapan ,perbuatan adek dapat pahala itu termasuk sedekah sayang .

Baiklah bund itu cara kita memahamkan apa itu zakat,infak dan shadaqah pada si kecil ya bund.

Bunda jangan lupa main ke instagram saya dan blog nya bloggerperempuan untuk dapat update artikel lainnya .

Cara memasak ketupat dengan presto


Bunda ,apa kabar masih puasa kan ? Bunda kita akan bahas cara membuat ketupat dengan menggunakan presto ,Nah kita akan mulai cara pembuatannya ya bund, kita persiapakan ketupat ,beras air dan tentu saja presto .
Nah untuk memulai membuat ketupat berikut bahan dan alat
Bahan dan alat
1 Kg beras
Ketupat 10 buah ukuran sedang
Ketupat 15 buah ukuran kecil
Air
Presto

Cara pembuatan
Cuci beras dengan air bersih 3 X Pencucian
Masukkan beras kedalam ketupat ½ dari ukuran ketupat
Masukkan ketupat kedalam presto pastikan semua ketupat tenggelam di presto ya bunda ,selamat mencoba 



Review Lipstick Wardah


 Alhamdulilah kita sudah memasuki ramadhan ke-15 , Nah bunda selama buka puasa bersama atau event –event yang  dihadiri selama Ramadhan , Tampilan wajah yang pucat memang gak menarik ya bunda , maka dari itu kalau menghadiri event saya mencoba untuk tampil fresh  dengan bantuan lipstick wardah .

Jujur ya bund saya tidak suka dandan apalagi makeup ( La wong gawe aja aku gak pake bedak ) :P
Nah tapi kalau ada event formal perlu dong kita ngehargai diri kita sendiri ,nah aku bakal share ini bund lipstick ya aku pake  untuk event-event formal maupun non formal .

Lipstick nya adalah Wardah matte lipstick shade summer pink no 16 ,nah ini adalah lipstick yang menurut saya affordable ya bund harga nya 30.000-40.000 bisalah bunda nyisihin uang belanja buat beli lipstick ini ,nah yang saya suka dari lipstick ini tersedia warna nude .


Nah lipstick ini sebenarnya hadiah dari murid tersayang saya di hari guru , lipstick ini emang sih baunya rada ga enak apalagi buat saya yang ga suka dandan , saya dapat warna summer pink atau coral nude gitu , itu warna aman yang masuk ke tone semua kulit ,untuk lipstick ke kondangan kayaknya kurang recommended deh bund karena lipstick ini mudah hilang saat di pakai makan dan minum.Dari segi ketahanan juga kurang oke kalau di pakai satu layer tips nya pakai beberapa layer secara merata , selanjutnya apakah lipstick ini transfer ? jawabannya adalah iya !


Tips menggunakan lipstick matte ini adalah bunda harus scrub bibir dulu atau minimal pakai lipbalm supaya lipsctick ini menempel dengan sempurna karena lipstick ini tidak bisa diaplikasikan  jika bibir tidak lembab dan bersih ,hasilnya warna lipstick tidak merata .
diamkan beberapa lipstick nya setelah di aplikasikan agar formulanya kering dan menyerap sempurna di bibir kita bund ,selamat mencoba


BPN Ramadhan challenge masih terus ada sampai lebaran tiba yuk ikut bunda !
Nah klik disini untuk info lebih lanjut

THR Pertama buah hatiku




 Bunda yang baru punya anak kecil pasti senang karena nanti lebarannya bawa dia silaturahmi , Alhamdulilah ,Eits bagi yang belum punya kita doakan semoga di berikan momongan dan yang belum ketemu sang pujaan hati semoga segera Allah pertemukan dengannya agar lahir generasi hebat yang cinta akan agama Allah ini .
Baiklah bunda sekalian , Thr pertama buah hatiku akan membahas  cara efektif pengenalan Thr dan uang pada anak kita yang akan dapat thr pertamanya ,Marilah kita mulai bahas
THR
Thr atau tunjangan hari raya adalah budaya yang biasa terjadi di hari lebaran tiba , yang tua memberi yang muda uang saku .Nah bunda pandai –pandailah untuk memahamkan uang dan fungsi nya pada si kecil , Bunda hendra sari pernah mengatakan pengelolahan pengasuhan keuangan adalah hal yang penting ketika anak kenal dengan uang .
1.Kenalkan pada anak ini uang bukan harta karun
Uang adalah alat transaksi bukan alat investasi yang kalau kita kumpul kita  bisa kaya mendadak , pahamkan pada buah hati anda ini uang untuk membeli sesuatu bukan barang koleksian .
2. Uang itu bukan teman
Uang bukan teman dia hanya alat transaksi saja ,uang bukan teman dia tidak akan buat kita happy ,dia hanya alat bantu saja biar kita bisa beli apa yang kita mau tapi uang bukan tolak ukur bahagia .
3.Mulailah praktek mengolah keuangan buah hati
Setelah ia paham apa itu uang bunda dapat berdiskusi dengan nya ,uang itu untuk apa ? bunda ajak anak bunda untuk membeli sebuah celengan dengan bentuk yang ia sukai kemudian mulailah menabung ,menabung adalah cara kita mengolah keuangan ,agar uang yang dikumpulkan dapat kita gunakan untuk membeli sesuatu.
4. Berbagi
Ajak anak berbagi dengan orang –orang yang ia jumpai di tempat umum ,ajaklah dia berdiskusi tentang pentingnya arti berbagi dan bantulah ia memahamkan rasa empati terhadap orang lain agar anak bunda dapat tumbuh dengan jiwa yang seimbang .
5.Terima kasih om ,tante ,kakek dan nenek
ini sebenarnya hal utama tapi diletakkan di akhir tidak terlupa oleh para bunda ,ajarkan anak untuk mengucapkan terima kasih agar ia mampu menghargai pemberian orang lain .
Dan yang paling penting bunda ingatkan anak atau biasakan ia untuk lebih sering memberi daripada menerima karena tangan diatas lebih baik dari tangan di bawah

jangan lupa ikut cchallange dari bloggerperempuan ya  !

Gaya Rambut yang dilarang islam


Assalamu’alikum bunda ,kali ini kita akan bahas gaya rambut yang dilarang oleh agama , beberapa gaya rambut tersebut selain tidak memiliki nilai estetika dan tidak rapi juga menurut saya ,gaya rambut ini dilarang oleh agama karena menyerupai suatu kaum .
Style nya yang diluar keumuman , weird , tidak rapi adalah sesuatu yang lekat pada style rambut khas yang sepatutnya memang kita hindari ya bund .

Kita yang punya anak laki-laki harus jeli-jeli ketika memangkas rambut si abang ,model rambut Qaza’
Qaza adalah model rambut yang mencukur sebagian dan membiarkan sebagian .
berikut contoh  gaya rambut qaza menurut Dalam hal ini, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam melarang kegiatan qaza’ ini sebagaimana sabda beliau: Cukurlah seluruhnya atau biarkan seluruhnya.”
1.Gaya rambut qaza
Gaya rambut qaza terbagi empat macam mencukur tanpa tak beraturan dan meninggalkan sisa rambut secara tak beraturan , mencukur bagian tengah saja membiarkan sisi yang lain,mencukur bagian kanan dan kiri saja ,mencukur bagian ubu-ubun saja dan membiarkan sebagian nya


Sumber :google 

                       
2. Rambut sambung
Begitu banyak wanita yang senang jika rambutnya panjang terurai tetapi rambutnya susah panjang , di zaman ini perkembangan trend rambut pun bergerilya dengan hadir nya hairclip extension atau rambut sambung , hadirnya trend fashion rambut ini jelas tidak diperbolehkan dalam islam sebagaimana  sabda Nabi: “Allah melaknat perempuan yang menyambung rambut dan yang minta disambung.”

yuk  bund ikut challange BPN Ramadhan  ini bareng aku dan bloggerperempuan  main kesini ya biar bisa ikutan , Semoga bermanfaat

Barakallah